Apa itu komposisi ? Salah satu media untuk mempermudah pembuatan komposisi (MuseScore)


1. Komposisi

Komposisi adalah potongan musik (komposisi berarti "menaruh bersama", sehingga komposisi ialah sesuatu di mana catatan musik ditaruh bersama). Ketika menulis potongan musik, seorang komponis sedang membuat komposisi musik.

Kata komposisi dapat pula berarti mempelajari kecakapan bagaimana menyusun. Calon pemusik dapat menempuh pendidikan di sekolah musik untuk belajar komposisi. Mereka akan melakukannya dengan memandang pada potongan musik terkenal untuk melihat bagaimana seorang komponis dahulu menulis musik. Mereka akan belajar bentuk musik, harmoni, orkestrasi, nada pengiring, dan segala hal tentang alat musik dan bagaimana menulisnya dengan baik agar menghasilkan suara merdu.

Komposisi berasal dai kata "Komponieren" yang digunakan oleh pujangga Jerman yaitu Johann Wolfgang Goethe (1749-1832) untuk menadai cara-cara menggubah (komponier-ern) musik pada abad-abad
sebelumnya (abad 15-17); dimana suara atau lagu utama akan diikuti oleh susunan suara-suara lainnya yang dikoordinasikan, ditata, atau dirangkai di bawah lagu utama yang disebut cantus.

2. MuseScore -- Software pembuat notasi dan komposisi musik

Bagi anda yang sudah terbiasa membuat lagu atau komposisi musik mungkin tidak akan ada masalah ketika harus membuatnya secara manual. Tetapi bagi mereka yang baru belajar biasanya akan butuh waktu untuk membiasakan menulis secara manual notasi musik.

Untuk mengatasi kesulitan seperti itulah maka dibuat sebuah software bantu yang akan memudahkan, baik mereka yang sudah ahli maupun mereka yang baru belajar, dalam membuat komposisi dan notasi musik.

Software itu adalah MuseScore. Sebuah software gratis yang bisa digunakan untuk beberapa platform seperti Windows, Linux dan Mac.

MuseScore adalah sebuah program notasi musik WYSIWYG lintas platform yang gratis dengan lisensi GNU GPL.

Beberapa fitur yang dimilikinya adalah:
WYSIWYG, not-not dimasukkan dalam sebuah "lembaran not virtual"
Jumlah bait yang tak dibatasi
Lebih dari empat suara per susunan
Masukan not yang cepat dan mudah digunakan dengan menggunakan mouse, keyboard atau MIDI

Klik disini untuk download MuseScore 
DOWNLOAD
Selamat mencoba.....